Selasa, Juni 18, 2024

Jumat Curhat Polres Luwu, AKBP Arisandi : Selain Gakkum, Upaya Pre-emtif & Preventif Tidak Kalah Penting

spot_img
spot_img

Luwu || Daftar Hitam News.Id –Polres Luwu kembali menggelar kegiatan Jumat Curahan hati (Curhat) bertempat di Aula Kantor Desa Komba Kec Larompong Kab. Luwu, Jumat (24/2/2023)

 

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan Jumat Curhat ini sudah rutin dilaksanakan setiap minggu oleh Polres Luwu untuk menyerap aspirasi masyarakat dan mengurai dinamika kamtibmas yang terjadi.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. yang hadir langsung pada acara ini menerangkan bahwa kegiatan ini digelar untuk mendengarkan langsung dari warga apa yang selama ini menjadi unek-unek mereka dan belum sempat tersampaikan, hal ini akan membuka sumbatan informasi sehingga situasi kamtibmas akan semakin kondusif.

 

“Tugas Kepolisian tidak selalu berupa penegakan hukum, melainkan juga upaya-upaya pre-emtif dan preventif. Ketika masuk ke upaya gakkum, diharapkan itu sebagai upaya terakhir. Upaya penegakan hukum pun saat ini sudah terbuka dengan upaya penyelesaian di luar jalur pengadilan, yaitu restorative justice. Hukum begitu hidup dan dinamis di masyarakat kita.” Ungkap AKBP Arisandi.

Pada Jumat curhat kali ini, terpantau berbagai curhatan yang disampaikan oleh masyarakat yang hadir, diantaranya terkait dengan masalah peredaran narkoba, kenakalan remaja, minuman keras jenis ballo, jerat babi berupa stroom listrik yang kerap memakan korban, upaya antisipasi berita hoax sampai persoalan truk yang ngetem ketika petugas dari Dishub di jembatan timbang melakukan tugasnya.

 

Keluhan masyarakat pun berupaya dijawab oleh Kapolres Luwu dibantu oleh beberapa pejabat utama Polres Luwu, seperti Kasat Narkoba Iptu Abdianto, Kasat Reskrim AKP Muh. Saleh, Kanit Regident Satlantas Iptu Malkadri Ibrahim.

Dari semua persoalan dan dinamika sosial yang terjadi, Polres Luwu mengharapkan keaktifan dari seluruh elemen masyarakat untuk membantu, menghimbau atau bahkan melaporkan jika ditemukan indikasi tindak pidana.

 

“Bagi siapapun yang memberikan informasi, khususnya terkait narkoba, tentu pihak kepolisian akan melindungi dan menjaga kerahasiaannya.” Ungkap Kasat Narkoba Polres Luwu Iptu Abdianto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kabag Ren Polres Luwu Kompol H.Andi Hasanuddin, Sos., Kabag Ops Kompol Hairuddin, Kasat Binmas Polres Luwu AKP Yunus Mangiwa, Kapolsek Larompong AKP Py. Catur, Camat Larompong Herman Alias, Kepala Desa Komba Suanto, Kepala Desa Komba Selatan H. Nasir, Kepala Desa Buntu Matambing Hidayat, para Kepala Dusun se-Desa Komba, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar.

LP: Galang

spot_img
Kategori Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments