Selasa, Juni 18, 2024

Prestasi Gemilang Di Raih Kodim 1408/Mks Dengan Memboyong Tiga Piagam Penghargaan Dalam Lomba Karya Bakti HUT Juang TNI Ke-78

spot_img
spot_img

Makassar || Daftar Hitam News. Id– Kodim 1408/Makassar memborong tiga penghargaan dalam lomba karya bakti yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023.

Tak tanggung-tanggung, tiga penghargaan yang diterima Dandim 1408/Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay, adalah untuk predikat Juara I dalam beragam kategori lomba, yaitu Juara I untuk kategori Pembersihan Selokan/Sungai, Juara I kategori Penanaman Pohon dan Juara I untuk kategori Pembersihan Pasar.

Aksi sekaligus upaya menjaga lingkungan ini menjadi kegiatan yang dimassifkan, tak hanya untuk kepentingan lomba karya bakti, tetapi menjadi aksi dari penjabaran slogan “6K Di Hati Kita” yang dicetuskan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso.

Aksi pembersihan dan pelestarian lingkungan ini, sebagai bentuk implementasi dari kemanunggalan bersama rakyat serta membantu memecahkan masalah lingkungan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah setempat.

Penghargaan terkait pembersihan dan pelestarian lingkungan kepada Kodim 1408/Makassar diserahkan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, pada puncak peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 tahun 2023 bertema di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (15/12/2023).

Di kesempatan tersebut dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan bahwa peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 tahun 2023 ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”.

Tema ini menurut Kasad, memiliki makna mendalam, bahwa kemanunggalan TNI AD dan rakyat harus terus diperkuat untuk meningkatkan kemampuan dan terus berperan aktif dalam pelestarian alam.

“Kemanunggalan TNI dan rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan yang beragam di era globalisasi ini. Pelestarian alam merupakan tanggungjawab bersama, termasuk TNI AD.

TNI AD memiliki potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan.

Untuk itu, dengan semangat juang TNI AD, mari kta perkuat kemanunggalan TNI AD dan rakyat, meningkatkan kemampuan, berperan aktif dalam pelestarian dalam. Jadikan lingkungan ini untuk mendukung konsep sistem pertahanan rakyat semesta,” jabar Kasad.

Terkait dengan pelestarian lingkungan, Kodim 1408/Makassar telah melakukan sejumlah aksi, mulai dari penanaman ribuan pohon, pembersihan saluran air, kanal dan sungai, serta karya bakti pembersihan pasar. Aksi yang melibatkan lintas sektoral ini, menjadi wujud sinergitas yang kompak dan terjalin harmonis antara TNI AD, Pemda, kepolisian, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat.

Kekompakan seluruh unsur di Kota Makassar ini, diapresiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Di sela kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD ke-78, Danny, mengaku turut berbangga dengan penghargaan yang diraih Kodim Makassar. Menurutnya, penghargaan ini menjadi wujud dan bukti kekompakan Forkopimda serta seluruh stake holder dalam melestarikan lingkungan di Kota Makassar.

“Atas nama Forkopimda Makassar, kami bahagia atas penghargaan, yang saya rasa baru kali ini. Ini adalah kebanggaan kami semua karena Forkopimda ini satu dan kompak. Jadi apa yang dirasakan Dandim kami juga turut merasakan,” ungkap Danny.

Danny juga menyebutkan bahwa aksi membersihkan dan melestarikan lingkungan tak akan berhenti sampai di sini. Karena aksi lanjutan akan segera dilakukan. “Kekompakan Forkopimda Makassar ini tak sampai disini. Kami akan lanjutkan dengan pengerukan kanal dengan alat berat sesegera mungkin. Target kami mengantisipasi banjir.

Kalau sudah dibersihkan kanal dan drainase tetapi masih banjir kita tinggal berdoa. Karena kita sudah melakukan semua upaya untuk menjaga lingkungan dan menyelesaikan masalah lingkungan, seperti banjir di Kota Makassar. Intinya melestarikan lingkungan ini menjadi perintah kasad yang diwujudkan ke bawah. Kami semua mendukung pak Dandim,” tegas Wali Kota Makassar dua periode ini.(*)

Lp: Galang

spot_img
Kategori Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments