Sabtu, Maret 2, 2024

Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo, Mengukir Prestasi baru Selama Puluhan Tahun dinantikan oleh Masyarakat Makassar

Makassar || Daftar Hitam News. Id —  Puluhan tahun di nantikan Akhirnya RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Sukses melaksanakan operasi transplantasi ginjal pertama pada Senin, 27 November 2023.

Adapun Operasi tersebut dilakukan dengan pendampingan oleh Tim Tranplantasi Ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Tranplantasi ginjal dilakukan pada pasien berinisial M berusia 48 tahun sebagai donor dan pasien berusia 33 tahun sebagai resipien.

Ketua Tim Transplantasi Organ RSWS, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD, K-GH, Sp.GK mengatakan bahwa persiapan kepada pasien resipien dan donor telah dilakukan selama beberapa bulan dengan tujuan mempersiapkan donor dan resipien dalam menjalani prosedur transplantasi sehingga risiko yang ditimbulkan sangat minimal.

“Tim transplantasi ginjal telah memberikan edukasi terkait proses transplantasi organ terhadap donor dan resipien, sedangkan tim advokasi telah melakukan wawancara terhadap pendonor dari aspek psikis serta legalitas,”urainya.

Ia juga menyampaikan bahwa telah dilaksanakan pula tatalaksana pra transplantasi ginjal pada resipien untuk mengoptimalkan kondisi resipien untuk menjalani prosedur transplantasi selama periode pre transplantasi.

“Jadi, pelayanan transplantasi ginjal pertama di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar ini dilakukan dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta,”imbuhnya.

“Jumlahnya ada sembilan orang yang terdiri dari Dokter Spesialis Urologi, Dokter Spesialis Nefrologi, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Radiologi serta perawat kamar operasi,”sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSWS Prof. Dr. dr. Syafri Kamsul Arif, Sp.An, KIC, KAKV mengatakan mengapresiasi keberhasilan tim operasi transplantasi ginjal.

“Kita berharap setelah kesuksesan yang pertama, operasi transplantasi ginjal bisa dilakukan secara reguler di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar,”bebernya.

“Saya sangat terharu apa yang disampaikan ketua tim. Kami juga mengapresiasi apa yang disampaikan Ketua Pendamping,”sambungnya.

Dirinya mengatakan transpalasi ginjal ini adalah sejarah layanan paripurna di rumah sakit ini.

“Sudah lama kami dambakan. Puluhan tahun lalu kami rindukan untuk transplantasi ginjal di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo,”kata dia.

“Syukur Alhamdulillah Wahidin dan Makassar bisa juga merealisasikan. Sinergi kebersamaan juga sangat dibutuhkan. Ini adalah hari bersejarah. Kami berkomitmen bahwa ke depannya untuk mengawal program transpalasi ginjal ini,”pungkasnya.

“Kami ucapan terima kasih atas keberhasilan operasi itu kepada RSCM dr. Cipto Mangunkusumo selaku pengampu layanan ufo-nefro nasional, yang telah melakukan pendampingan di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar,”kata dia.

Sedangkan Ketua Tim Pendamping RSCM Prof. Dr. dr. Nur Rasyid, Sp.U (K) menyampaikan dirinya memang sudah yakin beberapa minggu dengan urologi bahwa sudah siap membuat kesepakatan.

“Keberhasilan operasi transplantasi ini karena sinergi kebersamaan dan kekompakan tim,”tutur Rasyid dalam keterangan persnya pada Senin 27 November 2023.

Ia juga menyampaikan operasi telah berjalan lancar dengan hasil yang diperoleh sangat baik.

“Setelah tim pendampingan meninggalkan ruang operasi, pasien dan pendonor dalam keadaan sadar,” ucapnya.

Ditanya mengenai biaya, semua ditanggung BPJS dari operasi sampai pulang.

“Total biaya itu kalau dihitung-hitung Rp400an juta dan ini sudah mendapatkan manfaat seumur hidup. Dibanding harus cuci darah terus-terusan,”tandasnya.

Sementara untuk operasi ini ditekankan kepada RSWS tak hanya sekali, tetapi harus ada pengaturan waktu operasi. Interval operasi lanjutan untuk pasien selanjutnya itu sampai dua bulan.

“Saya kira operasi 1 sampai 3 masih didampingi tapi selanjutnya RSWS sudah bisa mandiri. Kita targetkan dalam satu tahun bisa mandiri,” tutupnya.

Lp: Galang

Kategori Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments