Selasa, April 23, 2024

PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL PASKA KEBAKARAN RUKO GROSIR MRS, OLEH TIM TRAUMA HEALING POLDA SULSEL

spot_img
spot_img

Maros || Daftar Hitam News.id — Personil Polres Maros Iptu Syarifuddin.M, S. Psi, yang Tergabung dalam Skep Kapolda Sulsel No Skep/1054/XII/2022, Tgl 30 Desember 2022, Tentang Tim Dukungan Psikososial Ro SDM Polda Sulsel, Melakukan kegiatan Pendampingan Psikososil terhadap korban kebakaran dan warga sekitar yang terdampak kebakaran Ruko Grosir Al_Fatir Batangase Maros, Selasa 21 Februari 2023.

Kegiatan Psikososial di lakukan oleh Iptu Syarifuddin. M, S.Psi bersama sama dua orang rekan lainnya masing2 bernama Ipda H. Rahim, dan Ipda Yoni Surono, bertempat di Posko Darurat Mesjid Nurul Jihad Kompleks Pasar Batangase di Ling. Tetebatu, Kel. Bontoa, Kec. Mandai, Kab. Maros, sebagai salah satu bentuk dukungan Moril kpd Korban dan warga sekitar yg terdanpak Pasca Kebakaran.

Bahwa Pendampingan Dukungan Psikososial ini di laksanakan di titik Keramaian Posko Darurat yg mana di tempati sementara waktu oleh warga sekitar Pasar Batangase, yg di satukan di Mesjid tersebut yang berjumlah sebanyak 17 KK, masing2 Ibu2 dan anak anak di bawa umur.

Adapun Metode yang kami buat yaitu dengan membangun Raport dg Masyarakat yg terdampak kebakaran serta melakukan konselor dan mendengarkan keluh Kesah serta menunjukan rasa Empati terhadap korban, kluarga korban dn masyarakat yg terdampak kebakaran.

Tidak lupa memberikan semangat, Motivasi dan melakukan pendampingan secara berkelanjutan terhadap keluarga korban Al_Fatir Pasca Kebakaran.

Kesimpulan dari hasil Pendampingan Psikososial secara langsung oleh Tim Psikology terhadap korban dan kluarga korban pasca Kebakaran, sebagaimana pengamatan secara Psikologis terlihat sangat Ihklas menerima ujian yg di alaminya saat ini, dan bahkan lebih memikirkan Warga sekitar yg terdampak ketimbang rumah dan usahanya yg habis tak tersisa di lalap Api  yg luasnya sekitar 28 Area dengan berbentuk Letter L, yang kerugianya menurut korban sendiri di Taksir sekitar 20 M Material bahan yg di perjual belikan 90% adalah bahan perlengkapan Rumah Tangga.

Bahwa Perlunya Pendampingan Psikososial, di Fokuskan ke Warga yg terdampak pasca Kebakaran karena adanya rasa Trauma utamanya anak anak yg di bawa umur yg berada di Posko Darurat dg tujuan mengembalikan psikis atau rasa trauma mereka pasca kebakaran.” Jelas Iptu. Syarifuddin.

Lp: Galang

spot_img
Kategori Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments