Sabtu, Maret 2, 2024

DANDIM 1408/MKS MENJADI NARASUMBER DIALOG KEBANGSAAN DAN BELANEGARA OLEH KESBANGPOL KOTA MAKASSAR

Makassar || Daftar Hitam News. Id —Dandim 1408/Mks (Letkol Inf Lizardo Gumay, S.H,M.M,M.I.Pol) menjadi Narasumber Dialog Kebangsaan dan Bela Negara yang bertempat di Hotel Royal Bay Jalan Sultan Hasanudin No. 24 Kecamatan Ujung Pandang yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Makassar, Senin (26/11/2023).

Pada kegiatan tersebut mengangkat Judul (Eksintensi TNI dalam Menjaga Negara Kesatuan RI) yang diikuti 125 orang dari 13 Kampus sekota Makassar dan para pejabat Kesbangpol Kota Makasar.

Pada kesempatan itu, Dandim 1408/Mks menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara kesadaran Bela Negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,”ujarnya.

Ditambahkan, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya Bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima Unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara. “tandasnya”.

Lp: Galang

Kategori Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments